Marshmallow

0 komentar Monday, December 29, 2014



Sudah dari lama gatel pengen motret marshmallow ini, 
memang bentuknya nggak biasa..lha wong belinya di alfa**** kok

Read On

Sarapan : Cheese Quiche

0 komentar Tuesday, December 16, 2014




Mulai rajin ngintipin akun instagram ibu-ibu yang rajin baking, aku jadi banyak banget dapat resep makanan yang mudah dibuat. Salah satunya ini, resepnya aku nyontek punya mba @tiyarahmatiya . Selain enak dan ngenyangin ternyata Dhanan pun suka (meskipun irisan bawang bombay nya sebagian dibuang tanpa sepengetahuan emaknya :( ) . Makan 1 ramekin aja udah kenyang sih menurutku. Next time insyaallah mau coba ganti ayam suwir, wortel dan jamur. 

Resep utk 1 ramekin : 
1/2 cup susu cair, 
1/2 cup keju parut, 
3 sdm oatmeal, 
1 sdm butter dilelehkan (aku cuma pake 1 sdt), 
bawang bombay cincang halus, 
1/2 btr telur, 
1 bh sosis potong-potong kecil, 
garam dan gula secukupnya. 
(Kalo mau agak spicy bisa kasih merica bubuk)

Cara membuat : 
# Kocok telur, tambahkan susu cair, oatmeal, butter. 
# Tambahkan keju parut & bawang bombay, masukkan ke dalam ramekin. 
# Beri taburan sosis dan keju parut (untuk taburan ini bisa diganti sesuai selera), 
# pecahkan 1 btr telur diatasnya. Panggang dlm oven suhu 180c selama kurang lebih 30menit



(behind the scene motret cheese quiche. Dibantuin bapak Dhanan yang megangin reflektor abal-abal)



Read On

Mexican Coffee Bun

0 komentar

Awalnya penasaran, karena berapa kali cicip roti boy rasanya suka banget, roti dengan aroma kopi. Setelah browsing sana-sini akhirnya ketemu lah resep ini (soal adonan roti, aku juga pernah gagal bikin roti manis jadinya malah seperti roti tawar :D sampai berapa kali ketemu formula yang pas)



Bahan : 
200 gr terigu protein tinggi (aku pake cakra)
50 gr terigu protein sedang (segitiga biru)
1 sdm susu bubuk 
6 gr ragi instant
1/4 sdt vanila bubuk
1/4 sdt Bread Improver (aku ga pake, ganti dgn 100ml susu cair dingin)
50 gr gula pasir
2 kuning telur kocok lepas
100 ml air es (skip krn sudah diganti susu cair)
50 gr mentega
1/4 sdt garam

Filling :
butter/mentega beku. potong dadu kira-kira @10 gram

Topping :
50 gr mentega
50 gr gula halus
1 butir telur
60 gr terigu protein sedang
15 gr susu bubuk instant
1 sdt kopi instan hitam, larutkan dengan air panas 2 sdm
1/2 sdt pasta coffee mocca / essence coffeenoir

Cara membuat :
#Campur terigu, susu bubuk, vanila, BI, ragi instant dan gula pasir aduk rata.
#Tambahkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sampai uleni adonan hingga kalis.
#Tambahkan mentega dan garam uleni lagi hingga kalis elastis, adonan mulus, licin dan adonan tidak mudah sobek
#Simpan dalam wadah tutup dengan plastik warp diamkan kira-kira 45-60 menit sampai adonan mengembang 2kali lipat (proffing 1).
#Kempeskan adonan uleni lagi sebentar lalu bagi menjadi 9-11 bagian sama berat kira-kira 40-50 gram diamkan 10 menit.
#Pipihkan adonan beri isian butter beku rapatkan dan bulatkan lalu simpan dalam loyang yang sudah diolesi mentega tipis diamkan 30-40 menit sampai mengembang (proffing 2)

#Untuk topping : kocok mentega dan gula halus sampai benar-benar lembut tambahkan telur kocok rata. Masukan terigu dan susu bubuk aduk rata. Masukkan larutan kopi hitam dan pasta coffee mocca aduk rata. Masukan dalam kantong segitiga/piping bag simpan dalam kulkas sampai siap digunakan (tapi jgn sampai beku)

#Panaskan oven 200'c, setelah proffing 2 semprotkan topping secara melingkar (seperti obat nyamuk) diatas permukaan roti sampai 3/4 bagian saja (jangan penuh)
Panggang roti selama 10-12 menit atau sampai permukaan roti mengering. 

resepnya dari blognya mba @isnasutanto dgn sedikit modifikasi





foto behind the scene pake jendela bolong (motretnya pake hp Lenovo P780 dan diedit macem-macem)

Read On

Curhat dan Uploadkompakan

0 komentar Thursday, December 11, 2014

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalammu'alaikum..

Sudah lama nggak ngeblog, terakhir ngintip isi blog ini awal tahun baru 2015, itu pun karena ada salah satu teman yang care banget dan bilang kalau she understand what i feel setelah ngeliat isi di blog ini (terakhir curhatanku tentang harapan punya anak kedua). Rasanya tuh, JLEB! kayak ketahuan nyembunyiin permen di bawah kolong tempat tidur pas bulan puasa (nggak..ini perumpamaan aja loh!) Bukan berarti nggak suka, aku malah seneng..tapi itu kan ceritanya udah lamaaaaa banget. Aku pun udah lupa (dan belakangan baru sadar kalo isi yang dibaca itu yaa..curhatan dan "sedikit" omelan). Karena itu lah, segala macam postingan dari tahun 2008-2014 aku ubah ke draft, aku sendiri malu euy baca begituan hahaha, yang disisain cuma postingan-postingan review dengan bahasa inggris yang acakadut (yess..emak Dhanan mau nyari duit lagi, insyaallah).

2015
Tepatnya Oktober 2014 sih, aku mulai ikutan komunitas Uploadkompakan di instagram. Tau lah ya,,komunitas yang lagi happening yang isinya upload foto serentak sesuai tema yang ditentukan. Awalnya sih iseng, motret juga masih pake Lenovo P780. Eh ternyata gayung bersambut, happy liat fotoku digrid bareng kompakers (sebutan buat member uploadkompakan) yang lain.

Makin Lama Makin Seru
Dan akupun ngikutin terus setiap harinya. Makan tak enak, tidur tak nyenyak kalo belum liat tema buat hari berikutnya (mulai lebay). Ditambah lagi gigit-gigit bantal tiap liat kompakers lain kok fotonya cakep-cakep bangetttt. Trus inget bapaknya Dhanan kan punya DSLR (udah dari zaman kapan juga minta diajarin, tapi ga jadi-jadi). Akhirnya aku mulai serius belajar gimana caranya supaya fotoku jadi kelihatan menarik (walaupun hasilnya..so..so lah, hahaha)





Ini waktu tema-nya makanan daerah masing-masing kalo nggak salah


Kayaknya untuk selanjutnya blog ini bakal dipenuhi dengan foto-foto makanan, beberapa resep yang sudah pernah dicoba dan (kadang) sukses (tapi lebih banyak gagalnya, hehehe)


Read On

Caterpillar Cupcake

0 komentar Thursday, November 6, 2014



Mampir ke toko kuenya Yuk Yessi sengaja buat foto-foto cake cantik. Yuk Yessi ini teman satu angkatan dengan suamiku sewaktu SMA. Awalnya aku liat beliau di facebook (itu tahun 2010 - 2011 kalo nggak salah) foto-foto makanannya beneran bikin ngiler (kan waktu itu aku lagi hamil DJ dan masih tinggal sama mertua) Jadi lah pesan macem-macem kayak pizza, cupcake, dll di bakul rumahannya yuk Yessi.

Balik ke cake cantik. Tadinya aku mau motret cheese cake, salad atau apalah..tapi ternyata udah habis (iya, ini jualannya yuk Yessi laris banget, enak sih) trus ditawarin cupcake ini. Topping nya lucu deh, seperti ulat dengan cream cheese frosting. Oh iya, ini aku motretnya pake kamera hp Lenovo P780.

Read On