Nastar

nastar nya retak, tapi tetap aja keliatan cantik 

Nastar Resep  dari blog Mbak Endang  Untuk sekitar 100 buah nastar imut 
Bahan: 
- 250 gram mentega (saya menggunakan merk blueband) 
- 90 gram gula halus
- 3 butir kuning telur 
- 50 gram susu bubuk 
- 350 gram tepung terigu protein rendah (di blog mbak endang ada perubahan dgn pemakaian terigu menjadi 250 gram + tepung maizena 150 gram, Susu bubuk dari 50 gram menjadi 100 gram tapi saya belum pernah coba yg ini)
- 1 sendok teh vanilli 

Olesan: 2 butir kuning telur - 1/2 sendok teh madu - 1 sendok teh air - 1 sendok teh minyak goreng 
Selai nanas: - 1 buah nanas palembang, kupas, parut atau blender - 200 gram gula pasir - 2 batang kayu manis - 3 butir cengkeh 

Cara Membuat Selai: 
Masak nanas, kayu manis dan cengkeh hingga airnya menyusut dan adonan agak lengket, masukkan gula pasir. Aduk hingga air habis, adonan menjadi selai dan bisa dibentuk. Dinginkan selai dan bentuk bulat-bulat sesuai keinginan. Jika selai terlalu lengket masukkan ke dalam lemari es hingga agak keras. 

Cara Membuat Kulit Nastar :
-Dengan menggunakan mixer, kocok mentega, margarine, gula halus dan vanilli sebentar saja hanya agar lembek dan tercampur saja. 
-Masukkan kuning telur satu persatu. Matikan mixer. 
-Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu/spatula hingga tercampur rata. 
-bagi menjadi beberapa bagian. Gilas adonan dengan ketebalan yang diinginkan kemudian cetak menggunakan gelas. Isi adonan dengan selai yang telah dingin, bulatkan. 
-Tata kue diatas loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak (saya oles dgn mentega). Beri jarak antar kue, jangan terlalu berdekatan. 
-Panggang di oven yang telah dipanaskan + 20 menit sebelumnya selama + 20 menit atau 3/4 matang. -Set oven di suhu 150' C saja, (saya pakai oven tangkring dgn api sedang). 
-Keluarkan dari oven, olesi dengan bahan pengoles seluruh permukaannya hingga rata. Kemudian panggang kembali kue hingga matang kuning kecoklatan, + 15 menit. 
-dinginkan sebelum dimasukkan ke dalam stoples kedap udara.

Note : karena masaknya bareng dengan mertua, jadi nggak ingat resep ini dikali berapa, hasilnya 2,5 isi stoples kecil dan 1 stoples besar. Kupikir kalau bikin sendiri nggak bakal kuat, karena ini ngerjainnya dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Eh tapi itu untuk porsi banyak ya (atau porsi jualan), 

Share:

1 komentar