Nggak Bisa Bikin Sambal

Saya suka memasak. Itu udah dari dulu banget. Saya juga suka coba-coba resep masakan luar negri. Apa saja yang aneh-aneh saya cobain (selama bahan-bahannya masih bisa dibeli di pasar). Coba juga tanya sama saya bagaimana cara membuat pempek, atau makanan sehari-hari..kayaknya saya masih bisa menjelaskan cara memasaknya. Tapi coba tanya tentang sambal, cara membuat sambal, atau bahan-bahan untuk membuat sambal terasi, sambal bajak, sambal bla..bla..bla.. jujur, saya nggak bisa.

Saya kurang suka makanan-makanan pedas, dan dari dulu mama juga jarang masak makanan pedas (soalnya papa kan sakit maag). Yang suka cuma adik laki-laki saya. Kalau dia jangan ditanya, makan sambal goreng saja bisa sampai nambah 2 piring! *hahaha..semoga dia nggak baca postingan ini*. Jadi kebiasaan jarang makan makanan pedas itu terbawa hingga sekarang.

Jadi masalahnya apa??

Begini loo...suami saya itu kalau makan sukanya pakai sambal. Nah lo..sementara saya nggak ngerti soal sambal sama sekali. Hiks..
Sebenarnya memang sudah tahu dari dulu sih. Aa' dan keluarganya juga tahu kalau saya tidak suka makanan pedas. Saya pikir semua itu bisa dimaklumi. Tapi setelah menikah, saya rasa kok tidak enak rasanya cuma masak sayur dan lauk, minus sambal dan lalapan (oke lah..lalapan nggak dimasukin juga nggak apa-apa) sementara dulu sewaktu saya masih pacaran dan makan di rumahnya, selalu lengkap. Jadi berasa ada yang kurang gitu..

Ssst..pada akhirnya saya membulatkan tekad untuk serius menekuni teknik membuat sambal (halah..). Jangan bilang-bilang suami saya ya! ^^

nb : kalau ada teman-teman yang mau sharing cara mudah membuat sambal yang enak + lezat mohon tulis di kolom komentar.



31 komentar:

  • Yah, maaf mb, saya tidak bisa memasak, jadi tidak bisa share.
    Anyway, betapa bahagianya suaminya mb.

  • Insya Allah, mbak bisa :D

    Kalau sambal mentah, tumbuk aja, cabe, tomat, terasi, garam ma gula. ABis itu, tambahin jeruk limau, Insya Allah sedap :)

    terus, kalau sambalnya mo digoreng dulu, cabe, bawang merah, terasi. itu semua goreng dulu yah, baru setelah mau ditumbuk tambahkan gula dan garam :)

  • Aku tidak akan bilang-bilang kok, mbak. Hehehe

  • Aku suka pedes mbk. .tapi gak semua sambel aku suka. Biasanya aku sukanya cuma tomat campur lombok yg banyak aja.kalo pake terasi ga suka.

  • di jogja, kalo gak salah...
    ada sebuah rumah makan yang specialis sambal. rumah makan itu menyediakan 40 lebih jenis sambal bagi para pengunjung.
    keren ya??

    aku penggemar sambal sih, kepingin banget ke sana. cuman gak tau namanya. dulu baca di tabloid, tapi lupa... hehehe

  • Salbal terasi ala sari: bawang merah 4 biji, bawang putih 2 biji, cabe merah panjang 4 biji, tomat merah yang gede 1 biji, terasi 1 ruas jari, cabe rawit merah 3 biji, semuanya bahan ini digoreng setengah matang (selama proses menggoreng, wajannya ditutup ya karena ntar minyaknya muncrat2). Trus di ulek deh sampe halus, jangan lupa tambahkan garam secukupnya.
    Selamat mencoba :P

  • tiap masak sambal aku liat contekan dulu kok mbak :) browsing2 dulu sambil masak. Selamat membuat sambal ya.
    Pasti lagi happy2 nya nih pengantin baru

  • pertamax kah?

    wah sambal itu enak loh....masa sih nggak suka sambal?wekekekeke

  • hehehe, suami saya juga suka banget ama sambal dkk. Kalo saya sih biasa2 aja, ada ngga ada sambal, ngga masalah tuh. Saya suka malas ngulek, jadi lebih sering bikin sambal yang satu ini (nguleknya gampang). Goreng/tumis dengan sedikit minyak: tomat buah 1/2, 3 buah cabe merah (dipotong2) dan 2 siung bawang merah; sampai tomat agak empuk dan tercium wangi bawang merah. Ulek terlebih dahulu cabe rawit mentah dan garam; terus dilanjutkan dengan bahan2 lain yg sdh digoreng. Pake terasi kalau suka (terasi digoreng dulu ya)... Jadi deh.

  • hehehe... aku malah ga bisa masak hen,, hikz.. ajariiinn doongg.. :(

  • Wah..!! kalo dhe bertamu ke rumah henny gmn neh? secara dhe jg suka sambal.. wekekek

    coba liat di nova online ato search di gugel. resep sambal. cobain di rumah.. :D

  • bikin sambel emang susah-susah gampang sih Henn. intinya practice make perfect. hehe.. rajin2 aja uji coba. kalo saya, sukanya sambel dikasi gula sama garam yang banyak. biar nggak pedes. loh...sambel apa bukan yak. hehe

  • bah...
    sambel kan macam-macam...

    lakukan saja dengan cinta..

    (komen norak)

  • salam sobat
    wah masa ngga bisa bikin sambal mba Henny,,
    yang penting jangan terlalu kebanyakan cabe,kira2 secukupnya pedas saja.

  • wah kalo cuma ngulek-ngulek sambal sih aku bisa, tapi kalo membuatnya sesuai prosedur sih sama-sama gak tau haha

  • liat di resep2 aja, Hen. kan byk tuh.

  • saya juga ndak tahan pedas. Mangkanye, pas pertama ditugaskan ke Lombok, seminggu sakit perut. Pedasnya ndak ketulungan....
    Salam Kenal

  • Bilangin ah ma suaminya....hehehe

  • Aku nggak hafal bahannya sambel, tapi kata nyokap sambel ulekanku suedepp. Aku memang nggak mau ngapalin bahan sambel, coz aku sendiri nggak terlalu senang makan pedas. Tapi nampaknya kita harus mulai bertoleransi dalam urusan selera memasak demi menyayangi kekasih-kekasih kita, hahaha..

  • selamat malam mbak ...salam kenal..
    wadu kalau aku disuruh buat sambal sudah pasti pada nggak mau
    gimana nggak?? kalu nggak keasinan ya kemanisan hehehe

    btw mbak henny bersedia tukeran link nggak??

    linknya mbak henny sudah saya pasang diblog saya
    silahkan dicek hehehe.

  • hihi, papaku kalo bikin sambel luar biasa enaknya
    cabenya pake rawit yg merah, pake garem dan bawang putih plus gula dikit. ulek jangan di blender. rasanya kalo di blender suka beda...hehehe, itu resep papaku.

  • waduh, maap gak bisa bantu...coz dalam hal memasak, sungguh amat minim pengetahuanku :P

  • Aku juga suka sambal.... Cuman bikinnya kagak tahu...

  • sama nih nasibnya, gak kuat pedas. Jadi ingat pertama kali ditugaskan ke lombok, sakit perut seminggu. Pedas semua masakannya... heuheu

  • wah.. klo akuu mah makan hrs pake sambal..
    hehe

  • Henny, aku ga bisa bikin sambel juga hehe.
    Aku bantu semangat aja yaa mudah2an cepet bisa :)

  • untung ga kawin ama org padang ya...bisa2 ga direstui ama ibu mertua kl ga bs bikin sambel :)

  • asyiik tuuh kalo makan pake sambal jadi nambah teruuus... kan banyak mba resep2 bikin sambal. kalo di daerah tasikmalaya ada sambal goang, sambal cibiuk, sambal terasi, sambal goreng, sambal cobek, sambal honje n pokoknya banyak deh
    Nanti kalo dah bisa nyambal bagi2 yaaa....

  • sambal ala syifa:
    tomat + cabe + bawang merah + bawang putih direbus dulu sampe matang. Kalo udah matang baru deh di ulek, tambahin gula merah.. Udah.. Kata suamiku enak banget.. :)

  • Wah, jadi banyak belajar masak resep sambal nih.. :)

  • hehe... sama dunk derita kita...