Otak-Otak Ikan


Konsep foto ini jajanan pinggir jalan. Udah bener belum?

Jujur, ini sambil ngetik saya sambil mupeng. Otak-otaknya sudah habis sih, tapi rasanya belum puas. Memang tadi cuma beli lima biji, nggak ada rencana buat dipotret karena sudah kesorean. Tapi yaaa..kok ini warung gorengan yang di samping rumah penjualnya lagi libur. Jadi aja deh emak DJ numpang di lapaknya. 

Sewaktu saya upload ke instagram ada salah seorang teman yang nanyain resepnya. Sekalian deh saya tulis di sini, siapa tau ada yang mau coba bikin.

Otak-Otak Ikan

Bahan : 
- ikan kakap giling 1/4kg
- telur 1bh
- santan 125 ml
- bawang merah, ketumbar, merica, garam, gula secukupnya 
- tepung sagu 100 gr (kurang lebih)
- daun pisang
- daun bawang secukupnya (diiris)
- lidi atau streples
- sambal botolan, beri sedikit air matang, aduk rata.

Cara membuat :
- Blender bawang merah, ketumbar, merica, gula dan garam, setelah halus masukkan ikan giling, blender sampai rata. 
- Pindahkan ke baskom, tambahkan daun bawang iris dan sagu sedikit demi sedikit sampai adonan jd lembek tapi tidak terlalu encer
- taruh di daun pisang, gulung, sematkan lidi agar tidak terbuka (supaya praktis aku pake streples)
- Panggang atau kukus 20 menit atau sampai daun menjadi kering.

Catatan : untuk ikan giling, saya pakai ikan kakap karena ikan tenggiri harganya mahal banget. Bisa juga pakai ikan gabus, atau ikan apa aja deh. Baru-baru ini saya nyicipin tekwan dengan bahan ikan sarden. Enak juga kok.

Selamat mencoba ^^

0 komentar: