Sarapan Sehat Roti Gandum


ternyata makan selembar roti gandum dan minum kopi pahit
cukup bikin kenyang sampai jam 2 siang

Seumur hidup saya baru kali ini makan roti gandum. Kalau bubur gandum (oatmeal) sih sering. tapi kalau roti gandum beneran baru kali ini. Biasanya saya beliin DJ roti biasa, tanpa kulit (kadang juga pake kulit, angin-anginan :D) dan biasanya sebungkus roti itu habis dalam sehari karena DJ suka bolak balik makan roti. Sampai aku kepikiran, apa roti nggak bikin kenyang? (atau anakmu yang doyan makan hen? perlu diketahui, selain makan roti dia juga makan nasi sehari 3x). 

Akhirnya karena penasaran, saya beli roti gandum. Saya sendiri sudah nyobain makan selembar dan rasanya memang beda daripada roti biasa, lebih padat dan tentunya lebih bikin kenyang. DJ sendiri makan selembar langsung stop (dan diulangi 2 jam kemudian. Yah..setidaknya bukan dimakan tiap 5 menit sekali :D). Berikut keterangan dari  artikel yang saya baca : 

Roti gandum dibuat dengan tepung gandum atau ada juga yang diolah dari biji-biji gandum utuh. Karena itu, kaya akan serat dan nutrisi. Roti gandum dapat dijadikan pilihan alternatif bagi yang sedang diet atau bagi para diabetes karena roti ini rendah lemak, rendah kadar gula, serta lebih rendah kalorinya dibandingkan roti putih biasa. Sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (23/7/2012), roti gandum berwarna cokelat akibat dari warna biji-bijian murni di dalamnya. Roti ini memiliki nilai gizi lebih daripada roti putih karena mereka mempertahankan kuman baik dan bagian dedak gandum alami. Hal inilah yang membuat roti gandum baik untuk kesehatan. Roti gandum juga kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan karena dapat dicerna dengan mudah. (sumber : okezone)


Lalu roti gandum dimakan plain aja gitu? Nggak lah..mungkin dicelup teh manis juga enak tapi saya lebh memilih selai strawberry. Kenapa? karena buah strawberry lagi susah dicari di sini jadi saya nggak bisa bikin selai sendiri, hehehe (alasannya nggak jelas). Selain selai strawbery, selai kacang juga bisa dijadikan pilihan yang pas buat nemenin roti gandum karena ternyata selai kacang nggak bikin gembuk (serius! tadinya saya juga nggak percaya sampai akhirnya ketemu artikel ini dan ini


selain untuk isian dalam roti, selai strawberry juga sering saya pakai
untuk lapisan dalam cake


Makanannya udah, minumannya? Biasanya saya minum susu atau teh pahit di pagi hari. Tapi seringnya perut berasa mau muntah tiap minum teh pahit. Beberapa hari yang lalu coba-coba ikutin bapaknya DJ minum kopi, tapi cuma tahan 1 kali sehari.


kopi tanpa gula, pait pait pait..

Minum kopi sendiri ada sisi baik dan buruknya. Sisi baiknya adalah mencegah beberapa macam penyakit sedangkan sisi buruknya juga bisa menimbulkan penyakit. Jadi jalan tengahnya, minum kopi tanpa gula cukup sekali, di pagi hari 

Stay Healthy!


0 komentar: