Puding Roti Panggang

4 komentar Sunday, February 28, 2016

sebagian roti agak gosong :))

Semenjak lewat trisemester pertama, saya jadi semangat baking lagi. Pasalnya setiap buka instagram atau facebook kok yang kelihatan foto-foto makanan enak melulu (bumil kan jadi laper). Sambil mencari-cari resep yang ga bikin repot, saya pun ketemu resep puding roti ini via facebook. Kendalanya, di sini susah nemuin unsalted butter. Berbekal niat mau hemat dan rekomendasi yang saya baca dari blognya mbak Ika Dapur Hangus dan mbak Diah Didi tentang butter murah saya iseng-iseng pergi ke tbk yang agak jauh dari rumah. Eh ternyata ada butter BOS! (yang penasaran dengan butter BOS bisa klik 2 website di atas ya). Selain BOS, saya juga dapet kacang almond dan keju mozarella. Alhamdulillah...biasanya susah banget cari bahan-bahan begini di sini.

Besoknya, saya membuat puding ini untuk sarapan. Kalau dari resep cuma perlu 2 buah roti tawar sih, tapi saya pikir mana cukup? jadi resepnya saya utak-atik sendiri. Yang seharusnya 2 buah roti, jadi 6 buah tapi gulanya tetap saya samakan sesuai resep karena nggak mau terlalu manis dan ternyata hasilnya lumayan lah.

Resep Puding Roti Panggang
(utk 6 cup ramekin) 

Bahan : 
6 lembar roti tawar, potong kotak/sobek (kira2 450 gr roti tawar) 
4 butir telur 
80 gr gula pasir (sekitar 4,5 sdm) 
300 ml susu cair 
 1/2 sdt kayu manis bubuk (kalo tidak punya boleh di-skip) 
1/2 sdt garam 
1 sdm butter, 
1/2 sdm mentega. lelehkan 

Taburan : 
 kismis secukupnya (saya pakai 150gr untuk taburan di dalamnya juga) 
almond slice secukupnya 

Cara Membuat : 
Oles ramekin dengan mentega/butter, sisihkan. 
Panaskan oven 180 deg C (atau kalo ga ada oven bisa pakai kukusan, tutup kukusan diikat serbet supaya air nggak tumpah) 
Aduk telur dan gula, gunakan whisk hingga gula larut, 
Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk hingga rata, beri garam dan kayu manis bubuk, aduk rata. saring. 
Atur roti tawar berbaris rapi. Siram dengan adonan susu sambil ditekan-tekan dengan garpu, biarkan roti terendam. 
Taburi kismis dan almond slice secara acak. tutup lagi dengan roti kemudian tuang adonan susu. Panggang dalam oven 180 deg C selama 30 menit atau hingga matang (resep awal 38-40 menit, tp saya pake oven listrik 30 menit aja sudah cukup) 
Angkat, dinginkan dan sajikan.


Yang sempat bikin kaget, saya kan pakai oven listrik yang 9 liter ternyata puding ini mengembang tinggi seperti souffle sampai bagian atasnya nyangkut di elemen pemanas oven (jadi sebagian  kismis dan almondnya gosong, hahahaha). Seharusnya pakai oven tangkring saja ya, atau kalau punya oven gedean bisa lah dipake. 

Alhamdulillah hasilnya nggak mengecewakan. Cuma kayaknya rotinya kebanyakan, jadi padat. Pernah cicip puding roti di B*******k tapi saya kurang suka karena terlalu manis jadi menurut saya yang ini manisnya sudah pas dan nggak bikin eneg. Oh iya, selain dipanggang, puding ini juga bisa dikukus. Makannya juga boleh sewaktu hangat atau didinginkan dulu di lemari es.

Read On