Buttermilk Pancake dan Lagu Tahu Diri

1 komentar Wednesday, January 17, 2018



Assalammu'alaikum..tahun udah ganti, sampai lupa kalau blog ini juga sudah lama nggak diupdate lagi. Ini pancake nya dibuat bulan November. Dari awal diupload ke instagram udah mau dimasukin ke blog juga sih, tapi semenjak anak gadis tambah gede maka bertambah juga penggemar komputer garis keras (you know what i mean :(  ) 

Awalnya kepengen bikin pancake lagi karena seperti biasa, request si Abang yang sekarang makin picky. Tiap hari harus ditanyain mau makan apa, pagi mau sarapan apa, sore mau camilan apa. Kadang dalam 1 hari dia bilang bosan makan ikan, nggak mau makan ayam. Sarapan bosan makan donat, bolu kukus, roti goreng, pisang goreng. Minta dibikinin camilan tapi nggak mau pempek, nggak mau bakwan. Nah loh, emaknya harus mikir keras dan kalo udah gitu biasanya pilihanku jatuh pada.....Telur orak arik dan kecap manis. (dan ini belum pernah ditolak, Hahaha)

Barusan dengar radio..ada lagunya Maudy Ayunda, yang jadi salah satu OST. Perahu Kertas berjudul Tahu Diri. Film ini keluar di tahun 2012. Saya sendiri sudah baca novelnya entah dari tahun berapa dan ini juga salah satu novel saya yang juga dibaca oleh Pak Suami (Selain Tetralogi Laskar Pelangi). Dari sekian banyak soundtracknya, menurut saya ini yang paling berkesan dan dalem banget maknanya. Dikisahkan dalam lagu ini setelah Kugy sekian lama mencoba melupakan Keenan mereka berdua bertemu kembali, dan sama-sama memiliki pasangan. Namanya rasa suka masih membekas, Kugy dan Keenan jadi galau antara pengen dekat tapi ini pacar mau dikemanain :( (Aduh rasanya ini geregetan, rasanya di hati kayak ada batu segede bogem yang pengen dikeluarin tapi nggak bisa saat liat doi sama orang lain, huhuhu) Nah trus mereka sadar tuh nggak bisa sama-sama. Jadi mereka memutuskan untuk saling menjauh (Kesal kan, udah nyoba lupain..udah punya pacar baru ganteng, keren, pinter, lucu, rambut keriting eh si Keenan nongol dengan status in relationship pulak! Iya kalo doi cuek,,lah ini masih ngedekatin Kugy lagi. Baper kan jadinya! Ngulang deh ngelupain dari awal lagi, sakitnya tuh di sini *nunjuk hati* dikira ngehapus kenangan seseorang kayak tinggal tekan tombol delete kali yak. hiks)
Untunglah...syukur Alhamdulillah banget filmnya happy ending sesuai novelnya. Jadi emak Dhanan merembes air matanya cuma di bagian ini doang. hahahaha

Balik lagi ke pancake. Setelah adonan sudah siap kok udah merasa agak aneh karena adonannya nggak kental. Dan benar deh, jadinya tipis..nggak fluffy seperti biasa, tapi rasanya enak sih. Jadi kalau lebih suka pancake tipis boleh di coba.

BUTTERMILK PANCAKE 

(resep dari blog mbak nina  - untuk 8 porsi) 
Bahan : 
165gr tepung terigu serbaguna 
2sdm gula pasir 
1/2sdt garam 
2sdt baking powder 
250ml buttermilk (susu + 2sdm air jeruk nipis) 
1butir telur, kocok lepas 
1sdm butter lelehkan 
1sdm minyak 

Cara Membuat : 
* Untuk buttermilk, hangatkan susu di dalam panci hingga pinggirannya sedikit berbuih, beri 2sdm air jeruk nipis, aduk-aduk, diamkan selama 15 menit. 
* Dalam suatu wadah, campur tepung terigu, gula pasir, garam dan baking powder. 
* Buat lubang di tengahnya dan tuang buttermilk. Aduk rata menggunakan whisk. 
* Tambahkan telur, aduk rata hingga halus dan tidak menggumpal. 
* Masukkan butter leleh dan minyak. Aduk rata dan diamkan kurang lebih 15 menit. 
* Panaskan wajan anti lengket, tuang 1 sendok sayur adonan dan ratakan. Kecilkan api dan biarkan adonan hingga berlubang-lubang baru dibalik. 
* Angkat, tuang simple sirup atau madu. Hidangkan

Read On