Belajar Food Photography

7 komentar Thursday, March 24, 2016


Meski belum bisa dibilang sempurna, tapi setidaknya ada kemajuan :)

Awal mula saya belajar memotret makanan adalah September 2014. Saat itu saya masih menggunakan hp Lenovo. Asal jepret kalo boleh saya bilang. Itupun cuma beberapa buah cookies yang saya tata di piring lalu diletakkan di atas nampan. Tidak ada styling, apalagi konsep. Hasilnya? ya gitu deh..biasa. Beberapa bulan mencoba lagi juga merasa tidak pernah puas. Pasti ada aja yang terasa kurang pas, hingga akhirnya saya mencoba memotret dengan menggunakan DSLR.

Kamera yang saya gunakan adalah Canon EOS 50D milik suami tapi saya sendiri nggak belajar memotret dengan dia. Kenapa? karena dijelasin berkali-kali tetap aja nggak ngerti. hahahaha. Jadi proses belajar saya adalah trial and error (dan kebanyakan error nya) secara teori, saya banyak belajar dari ebook fotografi, salah satunya adalah dari majalah online Rasa Indonesia.

Dulu, setiap habis motret yang paling lama adalah proses editingnya (gaya deh, padahal ngedit terlalu banyak karena fotonya nggak beres). Tapi seiring berjalannya waktu dan sedikit sentilan dari pak suami yang katanya "kalo mau beneran jago harus jago motret, bukan jago ngedit foto", jadilah proses edit foto itu hal yang paling saya minimalisir.

Dari beberapa buku yang saya baca, saya mau berbagi sedikit tips simpel tapi penting seputar memotret makanan. Cekidot!

Jadi yang paling pertama saya pelajari adalah : Matikan flash!
Flash kamera ataupun handphone hanya membuat warna makanan menjadi tidak natural.

Kedua, Tentukan konsep.
Seperti contoh foto donat di atas, konsepnya adalah sarapan pagi. Jadi dengan menentukan konsep, kita bisa mengatur properti apa yang layak dan cocok digunakan untuk mendukung konsep yang kita buat. (misal, sarapan pagi adalah donat, piring kecil, segelas susu, sedikit gula taburan donal dll)

Ketiga, Cari cahaya natural.
Yang paling mudah adalah cahaya matahari. Untuk cahaya yang lembut bisa pada jam 8-10 pagi atau jam 3-5 sore. Hindari jam 12 siang (karena panas terik bo!) karena cahaya pada jam tersebut terlalu keras.

Keempat, Atur white balance.
Menurut wikipedia, white balance adalah istilah fotografi untuk kalibrasi titik berwarna putih. Terjemahan sederhana versi saya, keseimbangan warna putih. Maksudnya putih yang benar-benar putih. bukan agak kekuningan, atau agak kebiruan. Biasanya di setiap kamera ada setting di mana kita bisa mengatur WB (misal, untuk siang hari bisa gunakan WB daylight, atau cloudy pada saat cuaca agak mendung)

Kelima, Temukan komposisi dan angle yang pas!
Untuk makanan tertentu, terlihat lebih cantik bila difoto dari atas (Bird Eye) sedangkan untuk cake yang berlayer lebih cocok difoto dengan sudut sejajar (Eye Level / Eye View). Selain itu, penerapan komposisi (atau dalam fotografi disebut dengan Rule of third) yaitu teknik menempatkan objek utama foto diposisikan pada 1/3 bagian dalam foto.
Sebagai contoh foto di atas :


Di sini kita bisa menentukan objek utama apakah letaknya di tengah, samping atau atas. Untuk foto ini saya menggunakan angle eye level (contoh angle bird eye dll bisa googling ya).

Keenam, Diedit sedikit nggak dosa kok!
Dengan catatan diedit untuk menutupi kekurangan yaa, bukan supaya jadi keren. Misal kalo fotonya miring, bisa di-adjust atau crop bagian-bagian yang nggak sengaja ikutan masuk ke dalam foto (dalam contoh foto di atas, saya ngecrop cangkir susu supaya sendoknya nggak keliatan) atau menambah saturasi warna supaya makanan nggak terlihat pucat. Editnya pake apa? bisa pakai Photoshop, Adobe Lightroom atau yang paling gampang ya pake aplikasi Photoscape atau edit langsung di instagram

Dan terakhir, Practice..practice..practice!!
Pepatah bilang "alah bisa kareana biasa" semakin sering kamu latihan, semakin banyak yang kamu pelajari dan tidak menutup kemungkinan bakal tambah jago! Selamat mencoba :)

sedikit ekstra dari saya, behind the scene motret si donat ala sarapan pagi. Cahaya dari arah jam 8, reflektor dari styrofoam di sebelah kanan. Pukul 9 pagi, Data exif : 1/50s f 3.5 ISO 200.

Read On

Donat Praktis Tanpa Diuleni

3 komentar Tuesday, March 1, 2016


Padahal lebih cakep kalo dikasih taburan gula halus,
tapi yaa,,ini sudah terlanjur pake filling coklat sih.

Belakangan anak bujangku maunya makan terus. Kadang cuma selang 2 jam dari makan siang sudah cari-cari camilan. Kalo kata bapaknya sih dia lagi ngidam kali (lha,,saya yang hamil, anak yang ngidam. Baru juga denger yang begini nih :D ).

Usia kandungan udah masuk 24 minggu, saya jadi rajin banget. Tiap hari masak (ups, biasanya masih suka malas dan beli lauk jadi di warung), tiap hari ada aja yang mau dibikin. Ini terasa beda dibandingkan 3-4 bulan pertama kemarin yang maunya cuma tiduran melulu tapi makan tetap jalan terus, hahaha.

Seperti sore kemarin, maunya ada camilan, tapi malas beli karena suami lagi kerja. Jadi saya mencari resep praktis tapi ngenyangin dan ketemu lah resep ini di blognya mbak Diah Didi (saya kepoin resep di blogmu terus loh mbak). Setelah catat resep, baca semua komentar (membaca komentar itu pelu juga loh ya, kadang kita bisa dapat tips tambahan dari sini sekaligus tahu yang nyobain beneran sukses atau nggak), liat cara membuatnya akhirnya langsung saya eksekusi.

Pertama kali nyobain bikin, saya nggak pake mentega tapi pake margarin yang sedikit dicairkan. Padahal di resep tertulis harus pakai mentega (ngeyel karena malas keluar rumah) dan hasilnya adonanku sedikit lebih lembek dibandingkan seharusnya, mirip seperti adonan bakwan a.k.a bala-bala atau pancake, yang pasti nggak bisa dibentuk bulat. Jadinya malah seperti kue kamir :)) tapi alhamdulillah masih laku dan ludes.

Percobaan kedua, saya bela-belain beli mentega lagi di tbk. Mengikuti step by step sesuai instruksi, alhamdulillah adonannya jadi. Berikut resepnya yang sudah saya konversi ke ukuran sendok biar makin praktis ga perlu pakai timbangan lagi :

Donat Praktis

Bahan A : 
50 gr mentega tawar (3 sdm) 
50 gr gula pasir (2,5 sdm) 
2 butir telur 

Bahan B : 
200 ml susu cair 
6 gr ragi instan (2 sdt) 

Bahan C : 
300 gr tepung terigu (30 sdm / 2 3/4 gelas) 
1/2 sdt garam

topping : 
gula halus / coklat + 1 sdm margarin/ mentega yang dilelehkan. 

Cara membuat : 
- Campur semua bahan A, aduk rata dengan balon whisk. Harus mentega tawar ya, bukan margarin soalnya kalo margarin suka menggumpal. Aku pernah pake margarin cair dan gagal total  (baca di atas)
- Campur bahan B, tuang ke bahan A, aduk rata. 
- Campur bahan C, tuang sedikit sedikit ke bahan A sambil diaduk perlahan dengan spatula. (aduk lambat asal tercampur rata
- Tutup dengan plastic wrap, diamkan selama 30 menit sampai adonan mengembang 2x lipat. 
- Panaskan minyak, cetak adonan dgn menggunakan sendok (adonannya memang lembek, jd ga bisa dicetak pake cetakan donat, kecuali kalo punya sutil berbentuk donat). goreng dgn api kecil hingga kecoklatan. 
- Angkat, dinginkan, beri topping.

Sewaktu mencetak, saya juga bingung mau pakai sendok makan (instruksinya pakai sendok makan 2 buah yang sudah dicelup ke minyak supaya adonan tidak lengket) tapi kok hasilnya nggak bulat ya? alhasil saya genggam adonannya, trus saya pencet hingga adonannya keluar di antara jempol dan telunjuk (seperti membuat bakso) setelah itu baru saya sendok dan goreng, alhamdulillah bentuknya bulat. 

Read On

Puding Roti Panggang

4 komentar Sunday, February 28, 2016

sebagian roti agak gosong :))

Semenjak lewat trisemester pertama, saya jadi semangat baking lagi. Pasalnya setiap buka instagram atau facebook kok yang kelihatan foto-foto makanan enak melulu (bumil kan jadi laper). Sambil mencari-cari resep yang ga bikin repot, saya pun ketemu resep puding roti ini via facebook. Kendalanya, di sini susah nemuin unsalted butter. Berbekal niat mau hemat dan rekomendasi yang saya baca dari blognya mbak Ika Dapur Hangus dan mbak Diah Didi tentang butter murah saya iseng-iseng pergi ke tbk yang agak jauh dari rumah. Eh ternyata ada butter BOS! (yang penasaran dengan butter BOS bisa klik 2 website di atas ya). Selain BOS, saya juga dapet kacang almond dan keju mozarella. Alhamdulillah...biasanya susah banget cari bahan-bahan begini di sini.

Besoknya, saya membuat puding ini untuk sarapan. Kalau dari resep cuma perlu 2 buah roti tawar sih, tapi saya pikir mana cukup? jadi resepnya saya utak-atik sendiri. Yang seharusnya 2 buah roti, jadi 6 buah tapi gulanya tetap saya samakan sesuai resep karena nggak mau terlalu manis dan ternyata hasilnya lumayan lah.

Resep Puding Roti Panggang
(utk 6 cup ramekin) 

Bahan : 
6 lembar roti tawar, potong kotak/sobek (kira2 450 gr roti tawar) 
4 butir telur 
80 gr gula pasir (sekitar 4,5 sdm) 
300 ml susu cair 
 1/2 sdt kayu manis bubuk (kalo tidak punya boleh di-skip) 
1/2 sdt garam 
1 sdm butter, 
1/2 sdm mentega. lelehkan 

Taburan : 
 kismis secukupnya (saya pakai 150gr untuk taburan di dalamnya juga) 
almond slice secukupnya 

Cara Membuat : 
Oles ramekin dengan mentega/butter, sisihkan. 
Panaskan oven 180 deg C (atau kalo ga ada oven bisa pakai kukusan, tutup kukusan diikat serbet supaya air nggak tumpah) 
Aduk telur dan gula, gunakan whisk hingga gula larut, 
Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk hingga rata, beri garam dan kayu manis bubuk, aduk rata. saring. 
Atur roti tawar berbaris rapi. Siram dengan adonan susu sambil ditekan-tekan dengan garpu, biarkan roti terendam. 
Taburi kismis dan almond slice secara acak. tutup lagi dengan roti kemudian tuang adonan susu. Panggang dalam oven 180 deg C selama 30 menit atau hingga matang (resep awal 38-40 menit, tp saya pake oven listrik 30 menit aja sudah cukup) 
Angkat, dinginkan dan sajikan.


Yang sempat bikin kaget, saya kan pakai oven listrik yang 9 liter ternyata puding ini mengembang tinggi seperti souffle sampai bagian atasnya nyangkut di elemen pemanas oven (jadi sebagian  kismis dan almondnya gosong, hahahaha). Seharusnya pakai oven tangkring saja ya, atau kalau punya oven gedean bisa lah dipake. 

Alhamdulillah hasilnya nggak mengecewakan. Cuma kayaknya rotinya kebanyakan, jadi padat. Pernah cicip puding roti di B*******k tapi saya kurang suka karena terlalu manis jadi menurut saya yang ini manisnya sudah pas dan nggak bikin eneg. Oh iya, selain dipanggang, puding ini juga bisa dikukus. Makannya juga boleh sewaktu hangat atau didinginkan dulu di lemari es.

Read On

Sarapan Sehat Roti Gandum

0 komentar Tuesday, October 27, 2015


ternyata makan selembar roti gandum dan minum kopi pahit
cukup bikin kenyang sampai jam 2 siang

Seumur hidup saya baru kali ini makan roti gandum. Kalau bubur gandum (oatmeal) sih sering. tapi kalau roti gandum beneran baru kali ini. Biasanya saya beliin DJ roti biasa, tanpa kulit (kadang juga pake kulit, angin-anginan :D) dan biasanya sebungkus roti itu habis dalam sehari karena DJ suka bolak balik makan roti. Sampai aku kepikiran, apa roti nggak bikin kenyang? (atau anakmu yang doyan makan hen? perlu diketahui, selain makan roti dia juga makan nasi sehari 3x). 

Akhirnya karena penasaran, saya beli roti gandum. Saya sendiri sudah nyobain makan selembar dan rasanya memang beda daripada roti biasa, lebih padat dan tentunya lebih bikin kenyang. DJ sendiri makan selembar langsung stop (dan diulangi 2 jam kemudian. Yah..setidaknya bukan dimakan tiap 5 menit sekali :D). Berikut keterangan dari  artikel yang saya baca : 

Roti gandum dibuat dengan tepung gandum atau ada juga yang diolah dari biji-biji gandum utuh. Karena itu, kaya akan serat dan nutrisi. Roti gandum dapat dijadikan pilihan alternatif bagi yang sedang diet atau bagi para diabetes karena roti ini rendah lemak, rendah kadar gula, serta lebih rendah kalorinya dibandingkan roti putih biasa. Sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (23/7/2012), roti gandum berwarna cokelat akibat dari warna biji-bijian murni di dalamnya. Roti ini memiliki nilai gizi lebih daripada roti putih karena mereka mempertahankan kuman baik dan bagian dedak gandum alami. Hal inilah yang membuat roti gandum baik untuk kesehatan. Roti gandum juga kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan karena dapat dicerna dengan mudah. (sumber : okezone)


Lalu roti gandum dimakan plain aja gitu? Nggak lah..mungkin dicelup teh manis juga enak tapi saya lebh memilih selai strawberry. Kenapa? karena buah strawberry lagi susah dicari di sini jadi saya nggak bisa bikin selai sendiri, hehehe (alasannya nggak jelas). Selain selai strawbery, selai kacang juga bisa dijadikan pilihan yang pas buat nemenin roti gandum karena ternyata selai kacang nggak bikin gembuk (serius! tadinya saya juga nggak percaya sampai akhirnya ketemu artikel ini dan ini


selain untuk isian dalam roti, selai strawberry juga sering saya pakai
untuk lapisan dalam cake


Makanannya udah, minumannya? Biasanya saya minum susu atau teh pahit di pagi hari. Tapi seringnya perut berasa mau muntah tiap minum teh pahit. Beberapa hari yang lalu coba-coba ikutin bapaknya DJ minum kopi, tapi cuma tahan 1 kali sehari.


kopi tanpa gula, pait pait pait..

Minum kopi sendiri ada sisi baik dan buruknya. Sisi baiknya adalah mencegah beberapa macam penyakit sedangkan sisi buruknya juga bisa menimbulkan penyakit. Jadi jalan tengahnya, minum kopi tanpa gula cukup sekali, di pagi hari 

Stay Healthy!


Read On

White On White Marshmallow

0 komentar Sunday, October 25, 2015


Belinya di Alf***** sengaja cari yang putih-putih buat tema White On White


Kalau disuruh mikirin makanan apa yang warnanya putih, yang paling pertama muncul di otak saya pasti marshmallow. Meskipun akhirnya baru nyicip setahun yang lalu, tapi marshmallow ini sudah sering wara-wiri tiap saya nonton film barat sampai akhirnya selalu ngebayangin gimana sih rasanya makanan ini? Pernah saya googling resepnya dengan harapan bisa bikin sendiri, tapi sayangnya banyak bahannya yang tidak tersedia di sini (plus akhirnya saya tahu ternyata ini makanan full gula, hahaha *gigi langsung ngilu*). Kali kedua saya ke supermarket, ketemu marshmallow lagi tapi warna-warni pastel dengan bentuk kepang. Mungkin lain kali saya beli juga buat dipotret :D


botolnya saya cat warna putih juga, nggak di cat sih, lebih tepatnya "disiram"

Menurut saya foto ini agak bluish (atau cuma di layar komputer saya aja keliatan gitu?) dan dibandingkan marshmallow bulat begini saya lebih suka yang bentuknya tabung (eh, apa sih namanya? tabung atau silinder?) alasannya, yang bentuk silinder itu bisa ditusuk pake tusuk sate trus dibakar di api unggun (mulai deh, ngebayangin film barat). Insyaallah saya kepengen piknik sekeluarga, trus bikin api unggun sambil ngebakar marshmallow. Amin.

Note : foto ini nggak saya setor ke wfpp karena sewaktu mau diupload listrik tiba-tiba padam, jadi saya nggak tahu ini foto benar atau salah :(


Read On

Vanilla and Mocca Oreo Ice Cream

1 komentar Wednesday, October 14, 2015



Resepnya dapat dari mbak Uie  beberapa hari yang lalu. Cuaca panas (plus saya malas belanja ke pasar) dan bahan-bahannya kebetulan masih ada di dapur jadi langsung saya eksekusi. Awalnya rada bingung, ini eskrim harus didinginkan berapa lama? Jadi biar DJ nggak ngintip-ngintip kulkas melulu saya bikinnya malam-malam. Besoknya sudah bisa dimakan.

Ice cream base 
Bahan : 
- 200 gr tepung whipping cream 
- 400 ml air es 
- 1/2 kaleng susu kental manis putih 
- Pasta Moka
- 7 Keping biskuit oreo, pisahkan dari krim, hancurkan

 Cara mambuat : 
- campur tepung whipping cream dan air es, aduk hingga larut 
- kocok whipping cream dengan mixer hingga mengental dan kaku. 
- masukkan susu kental manis dan kocok kembali hingga rata 
- bagi adonan menjadi 2 bagian, 1 bagian diberi pasta moka dan oreo, aduk kembali.
- masukkan ke dalam wadah, bekukan 

 Note dari mbak Uie : 
- bisa juga pakai skm coklat biar jd eskrim coklat 
- kalau mau yg ga terlalu kental eskrimnya bisa jg ditambahkan susu uht lho - pakai fresh cream jg bisa, tp pastikan yg bisa buat whipped cream.


Tentang motret...

Awalnya saya prepare properti cantik macam mangkuk eskrim, alas foto putih dengan harapan bisa motret bright , tapi apa daya jadinya malah hazy (atau kabur?) Jangan ditanya jadinya gimana, cukup saya aja yang tau :(

Eh tapi kalo motret eskrimnya aja nggak terlalu jelek sih, meskipun saya tetap aja nggak sreg.


Kecewa dengan foto yang di dalam mangkuk, saya langsung beresin properti sementara DJ langsung ngadepin eskrim sambil selonjoran di lantai sambil nanya "Sudah boleh dimakan belum, Nda?". Gatel karena masih belum dapat foto yang pas saya pun jepret lagi asal-asalan. Tanpa alas foto putih. Begini hasilnya : 


jadi moody begini, masih kurang cahaya di kanan bawah tapi aku suka banget liat es krim yang di dalam wadah



yang ini pakai reflektor, eskrim di dalam mangkuk nggak gelap-gelap banget

Dari sini saya sadar, bahwa kekurangan saya adalah nggak pernah mau ngebongkar setting yang sudah saya buat (repot bo'..mana waktu motretnya kan selalu buru-buru) tapi ternyata emang ga boleh cepat merasa puas, harus bisa ngeliat kurangnya di mana, trus langsung coba setting lain. Semoga ada kesempatan untuk saya keringetan motret berjam-jam buat dapetin foto yang pas. :D


Read On