Oatconut And Mango Panna Cotta

The Ingredient, sebelum masuk freezer

Yeay...akhirnya saya bisa bikin panna cotta!! 
Saya termasuk pecinta acara Masterchef US dan Indonesia. Setelah beberapa season nonton acara tersebut, hampir semua makanan yang disebut-sebut di sana nggak pernah saya cobain soalnya nggak punya bahan (misalnya heavy cream, whipped cream, cheese cream, dll) akhirnya saya patah semangat.

Untuk kasus panna cotta ini, saya terkendala dengan gelatin bubuk dan heavy cream (which is di sini nggak ada yang jual). Iseng-iseng saya browsing, dan ketemu blognya food blogger (India, kalo nggak salah..maaf saya cuma catat resep, dan lupa catat url blognya) berisi resep panna cotta tanpa pemakaian telur, krim dan gelatin. Lucky me!

Oatconut And Mango Panna Cotta (resepnya sudah dimodifikasi, untuk 1 buah jar)

Bahan : 
1 cup susu full cream 
2 sdm bubuk santan kelapa (atau santan kelapa) 
1/4 cup gula kastor 
2 sdm tepung jagung (atau maizena) 
1 sdt vanilla essence 
1 sdm oat 
3 sdm oat + butter untuk base 
potongan mangga untuk topping 

Cara membuat : 
# Masak oat dan butter. Masukkan ke dalam jar, dinginkan 
# Larutkan sebagian susu dengan tepung maizena hingga tercampur rata, sisihkan 
# Campurkan susu, santan, gula, vanilla dan 1 sdm oat ke dalam panci, masak hingga susu di pinggiran panci sedikit berbuih 
# Masukkan larutan maizena, aduk cepat hingga mendidih dan mengental 
# Matikan api, dinginkan 
# Tuang ke jar, dinginkan sekitar 1,5jam
# Setelah dingin, beri topping mangga Selain mangga, toppingnya juga bisa diganti buah-buahan lain yg rasanya asam (misalnya strawberry atau jeruk) gunanya supaya menyeimbangkan rasa manis pada panna cotta.



Awalnya saya nggak kepikiran untuk memberi topping. tapi saya pikir kurang seimbang dan pasti bikin eneg kalau rasanya cuma manis aja, (Foto di atas pakai topping alpukat yang dihancurkan, motretnya kesorean dan kayaknya alpukat nggak ngaruh sama sekali)

Besoknya, saya beli mangga, ternyata rasanya asem banget. cocok lah ini buat toppingnya.


Belakangan, saya baru sadar. Gelatin kan maksudnya agar-agar toh? hahahaha..Jadi mungkin lain kali saya tambahin agar-agar ke resepnya supaya bisa dicetak seperti panna cotta di masterchef.

0 komentar: