Bandrek Susu


Biasanya bandrek jadi minuman sore hari, ini lagi rajin banget bikin ginian pagi-pagi

Bandrek lovers mana suaranyaaa????!!!

Dibandingkan dengan minuman dingin saya lebih suka minuman hangat. Hangat loh ya, bukan panas. Kalo panas mah nggak doyan soalnya repot harus nungguin agak dingin. Tapi hal itu nggak berlaku untuk bandrek. Menurut saya bandrek itu mau diminum dingin atau hangat itu sama enaknya. Mungkin karena banyak kandungan rempah-rempah di dalamnya yang menghasilkan efek hangat jadi biarpun minumnya pake es tetap aja enak di perut.

Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia, yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan lain sebagainya. (sumber : Wikipedia) 
Dulu saya dan suami suka keliling nyobain warung-warung yang jualan bandrek. Dari terminal atas, pasar mambo sampai ke warung gorengan belakang rumah. Salah satu pengalaman unik adalah ketika kami menemukan warung bandrek pinang muda. Kami penasaran dan langsung nyobain. Ternyata buah pinangnya dipotong, lalu diblender dan dimasukkan ke air jahe kemudian ditambahkan susu kental manis. Rasanya? enak-enak sepet. Gimana ya jelasinnya? seperti ada rasa kesat di lidah. Meskipun saya tahu khasiat dari buah pinang muda (setelah tanya sama google) tapi tetap aja kurang suka.

Baru-baru ini karena tema di 52WFPP adalah minuman hangat saya mencoba membuat bandrek. Ternyata cara membuatnya cukup mudah. Jahe dan gula merah yang sudah diiris direbus bersama daun pandan dan serai, kemudian tambahkan sedikit merica (saya blender kasar jahe dan batang serai). setelah masak kemudian di saring. Selanjutnya saya beri susu kental manis. Rasanya wuenak polll !! Selain mengobati sakit tenggorokan dan batuk, bandrek juga menghilangkan masuk angin.

Yuk dicobain :)

0 komentar: