Tekwan


(mangkuknya ada "merk", tapi pas masak nggak dipakai kok :D)


Assalammu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
Berapa hari ini diracuni mama adam yang rajin selalu, kapan pun dimanapun kerjanya bebikinan Resepnya juga ngintip di IGnya DapurMamaAkhdan dan kusalin di sini. Ini aku bikin setengah kilo, cukup untuk 5 mangkuk versi munjung, dan dikomplain sama yang nyicip karena nggak ada cabe, kurang sedap katanya.. Trus tekwannya kurang asin. Hahaha.

Setelah sekian lama menikah, baru kali ini aku masak tekwan sendiri. Biasanya terima beres aja nih. Soalnya Alhamdulillah punya ibu dan mama yang masih sehat dan rajin tiap ada acara maunya semua dibuat sendiri,anti-beli-beli-club lah pokoknya. Karena secara teori aku udah khatam, saatnya nyobain praktek. Jujur, sebenarnya rada malas sih masak begini, soalnya takut banyak yang komplain nggak enak. Tapi alhamdulillah ludesss.

Kunci dari pembuatan tekwan yang kenyal adalah penggunaan putih telur dan proses pengadukan. Kalau bikin tekwan itu diaduknya jangan seperti bikin roti (aduk-gilas seperti mencuci). Wah bisa keras jadinya. Jadi aduk seperlunya aja tanpa ditekan, sampai tercampur rata.

Tekwan
.
Bahan :
500gr daging ikan giling
250gr sagu tani
100ml air es
1sdt bawang putih halus
2sdt garam halus
1sdt penyedap (aku pakai kaldu jamur) 
2bh putih telur
.
Cara Membuat :
* Panaskan air di dalam panci hingga mendidih
* Campur daging ikan dengan air es, aduk rata lalu masukkan bahan-bahan lainnya uleni hingga kalis dan bisa dibentuk
* Ambil sedikit-sedikit adonan dengan cara dicubit satu-satu cemplungkan ke dalam air mendidih.
* Bila sudah mengapung tandanya tekwan sudah masak
* Tiriskan
.
Bumbu Kuah :
1sdm bawang putih halus
10siung bawang merah (aku nggak pakai)
1sdt merica bubuk
Sedikit kayu manis (aku nggak pakai)
100gr Udang yang sudah dihaluskan (aku pakai udang kering, digiling)
Garam dan penyedap sesuai selera
Daun bawang dan seledri secukupnya
.
Pelengkap :
1bungkus jamur kuping (rendam, bersihkan)
1bungkus sedap malam (aku nggak pakai)
Cabe rawit giling
Bawang goreng untuk taburan
.
Cara membuat :
* Panaskan air di dalam panci hingga mendidih
* Haluskan semua bumbu lalu tumis, kemudian tuang ke dalam panci. Aduk, koreksi rasa.


Share:

0 komentar